Jumat, 11 Juli 2014

Trik Mengatasi Air Kolam Ikan Yang Keruh

Kolam ikan bisa menjadi elemen pelengkap taman atau sebaliknya. Suasana segar dapat terbangun karena kehadirannya. Namun, apa jadinya jika air pada kolam ikan Anda keruh?. Tentu saja, bukan kesan segar yang dihasilkan, melainkan kusam, jorok, dan tidak sehat. Merawat kolam ikan agar tidak keruh memang harus rutin dilakukan. Triknya sederhana seperti berikut ini: Kolam Ikan


1. Pasang filter untuk menyaring air kolam. Filter bisa diperoleh di toko-toko peralatan akuarium atau penjual ikan hias. 2 Filter harus selalu dinyalakan, kecuali sewaktu dibersihkan sehingga kadar oksigen dalam air cukup. 3 Bersihkan kolam sebulan sekali dengan sikat dan pel. Namun, jika air terkena kotoran dan jadi keruh, langsung saja bersihkan tanpa harus menunggu waktu sebulan. 3 Saat membersihkan kolam, jangan menyikat lumut sampai hilang semuanya. Keberadaan lumut sesungguhnya bisa menjadi makanan ikan. Dengan air yang tak keruh, kolam berhasil menciptakan kesan kesejukan pada taman dan rumah Anda. Untuk membuat suasana jadi lebih segar, Anda bisa menambahkan tanaman di sekitar kolam ikan.

Hias area sekitar kolam dengan tanaman perdu rendah yang ditanam dalam pot. Walau tumbuhannya tampak rimbun, sinar matahari tetap bisa dikontrol dan terbagi rata ke setiap sudut kolam. Supaya tambah cantik, isi kolam dengan ragam jenis ikan warna-warni, seperti koi, nila, dan ikan mas. Nah, mudah kan merawat kolam ikan agar tidak keruh? Jangan lupa, lakukan secara berkala supaya kolam ikan selalu tampak jernih dan segar!.

Kolam Ikan di Halaman JIKA Anda memiliki sedikit lahan di halaman yang selama ini hanya ditanami beberapa jenis tanaman, mulai sekarang Anda bisa memberikan sentuhan yang alami dengan menambahkan kolam ikan. Memandang ikan di kolam sambil diiringi suara gemericik air bisa memberikan sensasi berbeda. Namun, bila lahan yang tersedia tidak memungkinkan, Anda jangan langsung berputus asa. Seberapa besar atau kecil lahan yang Anda miliki, tetap bisa disulap menjadi kolam ikan yang tampil cantik dan menawan. Kolam Ikan Minimalis

Menurut desainer interior Ade Lesmana, kolam ikan bukan lagi sekadar hiasan atau pelengkap eksterior di rumah. Namun, kolam tersebut bisa juga berfungsi menghilangkan kebosanan akibat rutinitas sehari-hari. Kehadiran kolam ikan juga dapat membantu memberikan sensasi menenangkan melalui suara gemericik airnya. Anda bisa mulai menata kolam ikan dengan memberikan sentuhan tanaman di pinggirnya.

Selain dapat mempermanis wajah kolam,tanaman juga berfungsi sebagai filter biologis yang dapat menyerap amonia,nitrit,dan nitrat metabolisme ikan. Tanaman juga akan membantu kolam terlindung dari sengatan sinar matahari langsung sehingga lumut tidak muncul. Tempatkan filter dalam kolam. Sebaiknya posisi filter agak tersembunyi. Biasanya dibuat dua bak.Bak pertama digunakan untuk menyaring air dari kolam utama,dan bak kedua menyaring air dari bak pertama, kata Ade. Bila Anda menaruh pompa, kuncinya adalah harus rajin membersihkan kotoran yang menempel di lubang isap pompa dan tidak menyalakan pompa pada saat tidak ada air. Perawatan yang bisa dilakukan secara rutin, yaitu membersihkan kolam. Kolam Ikan Rumah Minimalis

Biasanya waktunya sangat bergantung pada ukuran kolam serta jumlah dan jenis ikan. Idealnya kolam dibersihkan sehari dua kali untuk tetap menjaga kelembapannya, sebut Ade.

Kolam dan Batu Koral Gemericik air dari kolam serta deretan tanaman hijau segar yang menggoda mata dapat memberikan ketenangan dan kesejukan sebuah taman di pekarangan rumah. Jika Anda menginginkan nuansanya lebih natural dan dekat dengan alam, penambahan hiasan seperti batu koral bisa menjadi pilihan yang tepat. Desain Kolam Ikan

Air selalu mampu memberikan kedamaian serta ketenangan. Air juga bisa menjadi terapi pikiran dan jiwa. Kehadiran kolam di taman dapat menciptakan atmosfer ketenangan serta keindahan yang natural untuk sebuah hunian.

Dalam membuatnya pun, Anda tidak perlu membayar mahal demi mendatangkan seseorang yang ahli. Cukup dengan desain simpel dan beberapa tambahan aksesori lain, maka kolam ikan segar dan cantik dapat Anda hadirkan di taman rumah.

Arsitek lanskap Herlin Wibowo menuturkan, untuk membuat kolam ikan, Anda sebenarnya tidak memerlukan lahan yang terlalu luas. Lahan berukuran 1x1,5 meter persegi saja sudah bisa dimanfaatkan untuk membuat kolam kecil nan asri. Apalagi, bidang vertikal kolam alias dindingnya dapat ditampilkan dengan menggunakan dekorasi berbentuk jeram-jeram atau dinding batu alam.

Tidak terbatas pada tahap pembuatannya saja, Anda juga harus memperhatikan kedalaman minimal kolam ikan tersebut. Kedalaman kolam yang optimal sebaiknya sekitar 50 sentimeter dengan tinggi permukaan air dari dasar kolam sekitar 35 sentimeter. Tapi, bagian kolam yang ukurannya lebih dari 3x4 meter persegi harus diberi konstruksi beton yang kuat agar tidak retak dan bocor,sebut Herlin.

Sama seperti bagian rumah pada umumnya, kolam ikan juga memerlukan perawatan yang baik dan rutin. Sebaiknya, sebelum memutuskan membuat kolam, Anda memperhatikan terlebih dulu fungsi kolam tersebut. Jika kolam Anda ingin diisi ikan hias, jenis ikan harus disesuaikan dengan kolam yang akan dibuat. Apabila Anda ingin memelihara ikan koi, kedalaman kolam minimal harus satu meter karena hal ini bakal berkaitan dengan mutu koi serta pertumbuhannya. Kolam Ikan Rumah

Satu lagi yang tak kalah penting, yakni pemilihan aksesori yang tepat untuk memberikan keindahan di kolam Anda. Misalnya dengan menggunakan dekorasi batu koral. Batu koral hias memang memiliki kemilaunya tersendiri sebagai sebuah dekorasi taman di kolam. Batu hias ini juga memiliki variasi jenis serta warna yang bisa memesona bagian taman Anda seperti putih, merah hati, atau hitam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.