Jumat, 11 Juli 2014

Perawatan Dapur dan Menjaga Tetap Bersih

Dalam mendesain rumah, seringkali dapur menjadi hal terakhir yang terpikirkan. Bahkan, adakalanya dapur dibiarkan begitu saja sehingga hasilnya kadang tidak memenuhi standar. "Karena dapur di Indonesia rata-rata juga ukurannya kecil, paling 2x3 m2, sehingga kadang kurang mendapat perhatian," kata Brand Manager Granito Tile Agustinus Halim di Jakarta. Dapur Rumah


Dengan adanya stigma tersebut, dia menuturkan jika kali ini dapur nampaknya perlu sedikit sentuhan agar terlihat lebih menyenangkan. Selain itu, dapur terlihat bersih meskipun dengan ukuran yang sempit. "Dengan menggunakan ubin berwarna terang, supaya terlihat luas juga," katanya menambahkan.

Dia memberikan tips, apabila di rumah Anda terdapat dapur bersih, ada baiknya menggunakan tile atau ubin seperti Granito. Terutama, lanjut dia, dengan permukaan yang licin, maka dapur akan lebih mudah dibersihkan. Misalkan aplikasi tile untuk top table, pilih permukaan yang berwarna putih dengan bagian tembok sedikit corak agar lebih berwarna. "Dengan tile dari Granito, penggunaan bahan kimia di dapur misalnya untuk pembersih lantai, tidak ada masalah," dia menutup.

Seringkali pada saat memasak, noda-noda tercecer di dapur dan peralatan masak yang kotor dan berbau sangat tidak sedap dipandang mata. Selain itu, dapur yang kotor tentu juga akan membuat tamu Anda merasa tidak nyaman. Dan tidak jarang dapur yang kotor menimbulkan pemikiran bahwa Anda adalah pemilik rumah yang jorok.

Anda tidak ingin bukan prediket tersebut melekat pada diri Anda? Ada beberapa langkah yang bisa Anda simak agar dapur Anda tetap kinclong setiap hari. Bagaimana caranya?. Pertama, rapihkan semua peralatan dapur. Hal ini merupakan pekerjaan wajib pertama kali yang harus Anda lakukan saat membersihkan dapur. Bereskan piring, gelas, panci atau wajan yang berantakan. Pilihlah mana perabotan dapur yang benar-benar Anda pergunakan setiap hari mana yang tidak. Cara ini tentu efektif untuk membuat dapur Anda tidak terlihat penuh sesak. Warna Cat Dapur Minimalis

Kedua bersihkan dapur dan perabotan dapur Bersihkan rak kulkas Anda. Caranya, cuci laci rak dengan menggunakan campuran air hangat dan sabun. Kemudian lap permukaan kompor Anda. Permukaan kompor seringkali terkena tumpahan minyak atau masakan. Selanjutnya bersihkan juga microwave Anda.

Ketiga, bersihkan meja dan lemari dapur. Lap bagian bawah meja dapur karena biasanya disana merupakan bagian yang paling kotor. Selain itu, jangan suka menyimpan makanan yang berbau terlalu lama dalam lemari dapur, karena bau makanan lama yang menyengat akan merusak cita rasa masakan baru Anda.

Keempat, bersihkan wastafel. Tuangkan cuka disemua permukaan wastafel, kemudian diamkan selama 10 menit. Setelah itu sikat semua permukaan wastafel, khususnya pada celah-celah dan sudut yang dimana kotoran sering menempel dan bilas dengan menggunakan air hangat. Selain itu jangan lupa untuk membersihkan kran pada wastafel. Buang sampah yang ada di samping wastafel secara rutin.

Kelima, jangan lupakan juga membersihkan aksesoris dapur Anda. Aksesoris seperti tirai tentunya menjadi pemanis untuk dapur Anda. Cuci tirai secara rutin sekali seminggu. Bersihkan lantai, dinding hingga langit-langit dapur dengan menggunakan mesin penyedot debu. Jika di dapur Anda menggunakan karpet, tidak ada salahnya Anda mencucinya di laundry karpet agar lebih bersih. Warna Cat Dapur

tempat yang dapat Anda gunakan untuk mengekspresikan diri dalam mengolah berbagai menu. Acara memasak bersama keluarga di dapur juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Memang, dapur kini tidak selalu identik dengan aroma bau dan kotor. Desain dapur dan peralatannya pun saat ini telah menyesuaikan dengan gaya hidup modern. Apalagi saat ini tren gaya dan interior sudah semakin berkembang, termasuk tren dapur 2012. Alberto Velentini, Director Commercial Schifini, menuturkan, filosofi sebuah dapur sudah berubah. Dapur kini menjadi tempat terpenting di dalam sebuah rumah. Oleh karena itu, desain dapur saat ini sudah mengarah pada hal yang fungsional, sesuai dengan gaya hidup modern.

Desain dapur saat ini sudah mengikuti kebutuhan keluarga modern. Pada saat dulu orang berada di dalam dapur untuk memasak, kini hampir semua kegiatan mereka lakukan di dapur. Mulai dari memasak, menonton televisi, makan, ngobrol, mendengarkan musik, sampai menjamu tamu.

Melihat banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan di dapur, unsur teknologi juga mulai masuk ke dalamnya. Peralatan yang fungsional, rapi, bersih, dan tetap memenuhi kebutuhan keluarga akan suasana yang nyaman dan artistik, sebut Alberto. Ia juga menambahkan, contoh yang paling jelas dari tren dapur untuk 2012, yaitu adanya desain kompor yang flat, rata dengan tabel top sehingga terlihat lebih rapi dan bersih,namun tetap stylist. Adapun Modena sebagai penyedia kebutuhan peralatan rumah tangga sudah mengikuti tren yang dibutuhkan konsumen saat ini. Warna Cat Dapur Rumah

Untuk desain dapur pada 2012, Alberto lebih memfokuskan pada penggunaan warna dapur yang nantinya menjadi tren. Untuk 2012, dapur menjadi satu area yang terbuka dan bagian utama di dalam rumah. Warna putih dan unsur kayu akan lebih mendominasi. Warna putih akan menampilkan kesan lebih mewah, bersih, rapi, dan stylist,sebut Alberto.

Hal ini juga ditambahkan oleh customer management Modena Leni Kurniawan. Dia mengatakan bahwa Modena selalu berinovasi untuk mengikuti tren dapur setiap tahunnya. Modena selalu berinovasi mengikuti perubahan kebutuhan konsumen. Karena itu, setiap saat kami selalu menawarkan produk baru, bukan hanya desain, tetapi juga fungsinya. Peralatan juga tidak hanya bisa dipakai, juga bisa menyatu dengan desain dapur secara utuh, sebutnya.

Sebuah perusahaan furnitur asal Swedia, IKEA (Ingvar Kamprad Elmtaryd Agunnaryd), merancang sebuah bentuk dapur masa depan yang bernama SKARP. Telah diramal, bahwa pada tahun 2040, dapur akan 'hidup'. Bisa membaca mood kita, mengatur pencahayaan dapur, menyarankan resep, bahkan bisa membersihkan sendiri secara otomatis. Dapur tersebut akan menjadi mesin yang pintar dan menyesuaikan dirinya dengan selera pemiliknya, Demikian seperti yang dikutip dari Pocket-Lint.

"Mayoritas dari kita menghabiskan waktu sebanyak hampir satu bulan dari total satu tahun yang ada. Dapur telah menjadi 'hati' dari sebuah rumah tinggal," jelas Carole Reddish, managing director deputy dari IKEA UK & Ireland. Saat ini IKEA telah merancang konsep dapur SKARP, sebuah ruangan kecil dengan gadget yang banyak. Gadget-gadget tersebut akan terkoneksi satu sama lain dengan sebuah alat yang menyerupai iPad, lengkap dengan tombol untuk memerintahkan masak atau membersihkan. Warna Cat

Perusahaan tersebut juga sadar akan pentingnya isu ramah-lingkungan dalam merancang dapur tersebut. Oleh karena itu mereka pun berupaya membuat dapur tersebut 'seramah' mungkin. "Kami pikir bahwa ekonomi dan perubahan sosial berpengaruh pada kesehatan kita khususnya, lingkungan yang berpengaruh pada perancangan dapur kita di masa depan." tambah Reddish.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.