Jumat, 11 Juli 2014

Menata Meja Untuk Hidangan Makan

Memberi sentuhan aksen dapat dilakukan dimana pun termasuk di area dapur. Banyak cara dapat dilakukan untuk menaruh "kejutan" aksentuasi seperti permainan warna interior, aksesoris ruang hingga alat penunjang aktivitas memasak. Di antara pilihan alat memasak, kompor merupakan elemen utama penghuni area dapur. Sebagai produsen alat memasak, Modena menghadirkan kompor tanam seri terbaru, Forza Series yang berdesain unik dan sleek. Meja Makan


Tidak seperti kompor kebanyakan yang memiliki potongan tungku lingkaran, tungku pada seri anyar ini berbentuk simetris yaitu bujur sangkar (Square Grid). Rupa tungku tak biasa ini, senada dengan bentukan kompor itu sendiri serta mudah dipadu padan dengan top table yang lumrahnya kotak. Uniknya desain pun digenapi tampilan classy nan elegan, melalui balutan warna hitam di seluruh permukaan kaca kristalnya (Tempered Crystal Glass top plate).

Dari segi tampilan luar, kompor baru ini tersedia dalam berbagai ukuran yang dapat dipilih sesuai selera juga ketersediaan ruang. Bagi pemilik dapur berdimensi lega, Forza BH 2944 dan Forza BH 2934 menjadi pilihan tepat. Berdimensi paling luas, perbedaan antar keduanya masing-masing terletak pada jumlah tungku yaitu empat buah pada seri pertama dan tiga buah tungku pada seri kedua. Meja Makan Minimalis

Sedangkan untuk memenuhi ruang yang sedikit lebih minim, tiga seri selanjutnya hadir sebagai opsi untuk dipilih. Forza BH 2734 dengan tiga tungku, Forza BH 2724 dengan dua tungku, serta yang berukuran lebih kecil yaitu Forza BH 2644 dengan empat buah tungku. Masih ada seri terakhir yaitu Forza BH 2324, yang merupakan kompor tanam bertungku dua dengan ukuran kompak ini pas mengisi area dapur yang mungil atau hunian vertikal.

Unik di segi fisik, seri kompor baru ini menghadirkan pula ragam fitur handal untuk mendukung efisiensi serta keamanan saat memasak. 3-Rings Burner adalah satu fitur andalan untuk membuat proses memasak lebih optimal dan cepat berkat adanya tiga lingkaran nyala api biru untuk hasilkan panas yang kuat dan merata pada tungku. Manfaatnya, masakan akan matang lebih merata dan rasa yang tercipta semakin maksimal kelezatannya.

Kehadiran fitur One Hand Ignition atau pemantik otomatis yang tertanam pada Forza Series, menyalakan api jadi mudah dan praktis, hanya dengan menekan dan memutar satu kenop kontrol. Kemudahan memantik dan efisiensi memasak pun makin lengkap dengan sederet fitur penjamin kenyamanan serta keamanan mengolah makanan. Agar memasak tak was-was, kompor tanam Forza Series dilengkapi thermocouple sebagai sensor pengaman yang secara otomatis menghentikan suplai gas seketika, saat api padam secara tidak disengaja.

Fitur Gas Safety Device ini berguna untuk meminimalisir terjadinya percikan api penyebab kebakaran. Bagi pengguna kompor aktif yang sering melakukan kegiatan memasak, tak perlu kuatir menggunakan aneka ragam kuali atau penggorengan karena tatakan tungku berbentuk bujur sangkar (Square Grid) bermaterikan besi baja cor yang kuat lagi kokoh.

Kokohnya tungku kian aman berkat lapisan karet tahan panas dan anti slip. Fitur-fitur di atas mumpuni untuk membuat aktivitas memasak lebih terlindungi, sehingga seluruh anggota keluarga nyaman saat menggunakannya. Kompor tanam Forza Series sangat serasi untuk pemilik dapur yang menginginkan keselarasan bentuk pada desain dapur modern. Hadir pula dengan material Tempered Crystal Glass berwarna putih, membuatnya makin menyatu dengan top table dengan warna yang sama, atau bahkan menjadi menjadi aksen manis untuk permukaan meja dapur berwarna lebih gelap. Bagi yang menyukai dapur bergaya industrial, terdapat pilihan kompor tanam serupa berbahan full stainless steel dengan seri Espreto Series. Gambar Meja Makan

Jamuan Penting Salah satu yang menjadi ritual khusus saat Idul Fitri adalah makan bersama keluarga. Karena Lebaran merupakan hari yang spesial, menata meja makan saat Lebaran tentu berbeda dengan hari biasa. Menurut Desain Interior dari Jakarta Vintage, Luthvi Hasan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menata meja makan untuk Lebaran. "Pertama, keluarkan semua peralatan makan yang bagus yang Anda punya. Tak perlu baru, yang penting masih bagus dan bersih. Mulai dari sendok, garpu, piring, serta mangkok usahakan pakai yang masih bagus. Jangan samakan dengan peralatan yang biasa Anda pakai sehari-hari," ucap dia.

Kedua, lanjut dia, usahakan menggunakan peralatan makan yang satu set. Jangan sampai menggunakan peralatan makan yang motifnya bercampur-bercampur dan berwarna-warni. "Jangan di mix motifnya. Usahakan semuanya satu set. Hal ini dilakukan supaya berasa momen spesialnya," tambah dia. Selanjutnya adalah memasang taplak meja yang cantik. Menurut Luthfi, taplak meja yang digunakan sebaiknya yang spesial juga. Terakhir, Anda juga bisa menambahkan lilin dan beberapa bunga segar agar meja makan Anda menjadi lebih cantik. Gambar Meja Makan Minimalis

Ruang makan adalah ruangan tempat keluarga berkumpul setelah living room. Karakter ruang makan lebih personal, sebab di tempat inilah keluarga berkumpul, bercengkerama, dan saling bercerita sambil menikmati makanan favorit. Selain itu, ruang makan juga bisa menjadi tempat menjamu tamu (formal dine entertaining). Agar ruang makan Anda cantik dan nyaman, ada beberapa tip untuk Anda.

Setelah memilih meja makan, tentukan bentuk kursi makan dan sesuaikan tinggi kursi dengan tinggi meja. Pilihlah kombinasi paling nyaman dan seimbang. Ketika duduk, tinggi meja berada di atas perut dan masih di bawah dada. Ruang makan harus terang, baik bersumber dari cahaya alami atau melalui penerangan khusus. Sebaiknya letakkan meja dan kursi makan dekat jendela. Tambahkan lampu gantung di atas meja untuk menerangi makanan yang tersaji.

Pilihlah warna yang mampu membangkitkan selera makan, seperti warna merah, oranye, atau hijau yang dapat dijadikan aksen segar. Padukan dengan warna netral atau warna tanah, seperti cokelat muda, krem, hitam, atau putih. Manfaatkan dinding ruang makan untuk kabinet pantry, rak penyimpan terbuka, atau memajang lukisan. Bila ingin lebih personal, tambahkan partisi ringan sebagai pembatas ruang makan dengan ruang lain.

Sesuaikan bentuk dan karakter meja makan dengan ukuran ruang dan tema desain. Untuk mengantisipasi kebutuhan meja pesta, beli dan gunakan dua meja persegi (satu meja untuk makan keluarga, lainnya untuk pesta). Bila keluarga besar datang atau ada tamu khusus yang perlu dijamu, satukan dua meja itu. Secara instan, Anda memiliki satu meja persegi panjang untuk jamuan makan formal atau informal. Model Meja Makan Minimalis

Pilih kursi makan yang nyaman, yaitu kursi yang bersandaran tegak. Sandaran punggung tinggi berkesan formal, sementara yang lebih rendah informal. Dudukan kursi makan harus rata, jangan yang terlalu empuk agar badan tidak tenggelam saat kursi diduduki. Meja dengan permukaan bahan yang bertekstur kasar sebaiknya dilapisi dengan lembaran kaca tembus pandang yang kuat atau sejenis tempered glass. Permukaan meja yang sudah di-finish rata dan mengilap bisa langsung digunakan. Bisa juga dengan menambahkan runner di tengah meja atau hanya alas piring.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.