Jumat, 11 Juli 2014

Harga Rumah Terus Melambung

Harga rumah di Singapura pada kuartal ketiga ini berturut-turut turun. Ini merupakan penurunan terpanjang dalam lima tahun terakhir akibat kebijakan pengetatan pada pasar perumahan kedua paling mahal di Asia. Berdasarkan indeks harga perumahan swasta sampai Senin (30/6/2014) kemarin, harga rumah di Singapura turun 1,1 persen menjadi 209,3 poin dalam tiga bulan ini, menyusul penurunan hingga 1,3 persen dalam periode tiga bulan sebelumnya. Data tersebut dilansir Bloomberg berdasarkan data awal yang dirilis oleh Urban Redevelopment Authority (URA). Cat Rumah


Penurunan tersebut diprediksi bisa semakin kuat karena Pemerintah Singapura tengah memperluas kampanye pendinginan harga yang sudah dimulai sejak 2009 lalu. Bahkan, sebuah konsultan realestate Singapura, Chesterton Singapore Pte, meramalkan penurunan harga pada tahun ini akan menyentuh 8 persen. Pada Juni tahun ini Singapura memang telah membatasi jumlah pinjaman atau kredit individu. Adapun langkah-langkah lain yang dilakukan adalah menerapkan pajak baru dan lebih tinggi untuk uang muka. "Harga moderasi pada kuartal terakhir ini lebih rendah dari yang diharapkan," kata Donald Han, Managing Director Chesterton Singapore Pte. "Ini adalah koreksi yang sehat meskipun volumenya telah merosot sejak diambil langkah pengurangan pinjaman tahun lalu," tambahnya.

Harga jatuh, Berdasarkan data Urban Redevelopment Authority (URA), harga apartemen juga dikabarkan turun 1,5 persen pada kuartal kedua lalu setelah meluncur 1,1 persen dalam tiga bulan sebelumnya. Harga turun terutama untuk yang berada di pinggiran kota, yaitu turun 1,1 persen, dibandingkan dengan penurunan 0,1 persen pada kuartal sebelumnya. Adapun harga apartemen di daerah-daerah dekat distrik utama tergelincir 0,6 persen, lebih rendah dibandingkan dengan penurunan 3,3 persen pada kuartal sebelumnya.

Otoritas Keuangan Singapura mengatakan pada Juni tahun lalu, bahwa dalam kerangka pinjaman baru, pemerintah tidak akan mendorong rasio total utang peminjam di atas 60 persen. Seperti pernah diberitakan, bahwa pertumbuhan KPR sebesar 7,6 persen di bulan Mei adalah kecepatan kedua paling lambat sejak Juni 2007.

Sementara itu, Straits Times melaporkan, Singapura akan kehilangan daya saingnya sebagai tujuan investasi jika pemerintah tidak melakukan langkah-langkah pendinginan tersebut. Hal itu mengutip pendapat Kwek Leng Beng, Ketua Eksekutif di City Developments Ltd, pengembang terbesar kedua di negara itu.

Tercatat, harga rumah naik 1,1 persen pada 2013 lalu, dan itu lebih rendah dari kenaikan 2,8 persen pada 2012 dan peningkatan tahunan terkecil sejak 2008 ketika harga turun 4,7 persen. Penjualan rumah Singapura naik pada Mei menjadi 1.470 unit, atau tertinggi dalam hampir satu tahun, dari 749 unit pada bulan April. Penjualan unit perumahan baru swasta mungkin menurun menjadi antara 10.000 dan 12.000 unit tahun ini dari sekitar 16.000 tahun lalu. Singapura sampai saat ini masih merupakan kota paling mahal untuk membeli sebuah rumah mewah di Asia setelah Hong Kong. Broker properti Knight Frank LLP menyatakan hal itu dalam sebuah laporan kekayaan tahunan. Warna Cat Rumah

Nationwide Buliding Society melaporkan data statistik harga rumah di Inggris mengalami peningkatan satu persen pada bulan Juni, 11.9 persen lebih tinggi dibandingkan Juni tahun lalu. Peningkatan ini memunculkan kekhawatiran dari sejumlah pihak karena dapat menimbulkan risiko besar bagi perekonomian Inggris.

Kenaikan harga rata-rata rumah di Inggris telah memasuki bulan ke-14 sebesar 188.903 pounds telah mencetak rekor baru mengalahkan puncaknya pada tahun 2007. Sedangkan harga properti di London mencapai 400.000 pounds, naik sekitar 26 persen pada kuartal kedua dibandingkan periode sama pada tahun 2013.

Peningkatan harga yang lebih cepat daripada pendapatan masyarakat merupakan sebuah ancaman. Hal tersebut dapat menyebabkan peningkatan besar dalam jumlah hutang perekonomian. Namun pihak Bank Sentral belum dapat mengendalikan harga rumah yang membumbung terlalu tinggi namun mereka akan mencoba untuk melakukan sejumlah langkah untuk mencegah memburuknya hutang rumah tangga seperti dengan memastikan pemberi pinjaman memeriksa pinjaman hipotek pemohon dapat mengatasi kenaikan tiga persen suku bunga dan membatasi pinjaman beresiko. Warna Cat

Bulan lalu, Dana Moneter Internasional (IMF) memperingatkan pemerintah bahwa mempercepat kenaikan harga rumah adalah ancaman terbesar bagi pemulihan ekonomi Inggris. Kenaikan nilai properti bisa mengakibatkan rumah tangga lebih rentan terhadap guncangan pendapatan dan tingkat suku bunga.

Seperti yang dilansir BBC, Mark Carney, Gubernur Bank of England, sebelumnya juga telah memperingatkan bahwa peningkatan pesat dalam harga properti dapat merugikan stabilitas ekonomi Inggris. Dia menekankan perlunya untuk memperkuat bank-bank sehingga mereka memiliki modal yang cukup untuk mengurangi risiko pasar perumahan.

Harga rumah di London melejit 30 persen di atas pencapaian puncak sebelum krisis finansial global 2007. Menurut data terbaru dari Nationwide House Price Index, lonjakan pertumbuhan tersebut menjadikan posisi rerata harga rumah di ibukota Inggris ini menjadi 400.000 poundsterling atau setara Rp 8,1 miliar per unit. Data tersebut juga menampilkan harga rumah pada bulan Juni meningkat lebih dari 25 persen dalam duabelas bulan terakhir sebagai dampak kenaikan harga properti nasional secara 14 bulan berturut-turut.

"Harga rumah mengalami kenaikan bulanan keempat belas berturut-turut pada bulan Juni, meningkat sebesar satu persen. Akibatnya, laju pertumbuhan tahunan harga mencapai 11,8 persen dari 11,1 persen pada bulan sebelumnya," tulis ujar Kepala Ekonomi Nationwide, Robert Gardner. Laporan ini juga menunjukkan bahwa pembatasan baru atas pinjaman perumahan tidak akan memengaruhi transaksi pembelian. Pembatasan baru tersebut merupakan batasan pagu pinjaman sebesar 15 persen dari pendapatan. Cat Tembok Rumah

Surga investasi, Melejitnya harga properti di London, dianggap sebagai surga dan ladang investasi menarik buat orang-orang kaya dunia. Tak mengherankan, investor lintas negara mengincar properti di ibukota Inggris ini sebagai instrumen investasi mereka. Wali Kota London, Boris Johnson mengatakan, tingginya harga properti di London justru merupakan hal yang tepat untuk dimiliki oleh kalangan tajir internasional. Kota ini adalah jawaban bagi investor asal Amerika Serikat atau negara lain di Eropa.

"Masuknya orang asing kaya membuat harga properti di London sangat mahal," ujar Boris. Pada Juni ini, harga rumah di 17 wilayah dari 32 wilayah London berada di atas angka rerata. Di empat wilayah nilai rerata lebih dari 1 juta poundtserling (Rp 20 miliar). Sementara Kensington dan Chelsea, merupakan wilayah dengan properti paling mahal se-Inggris yakni 2,380 juta poundsterling (Rp 47,7 miliar). "London telah mengubah budaya dan filosofis Uni Eropa. London adalah tempat tujuan semua orang dan tempat yang tepat untuk berkumpul. Inggris perlu mengubah sikap terhadap orang-orang kaya ini," tandas Boris.

Di Indonesia Sendiri, Program bantuan bedah rumah dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) di Desa Ngawu, Playen dipermasalahkan oleh penerima bantuan. Warga menilai ada permainan harga bahan bangunan dari tim pendamping dan pihak suplaier. Akibat dari permainan harga tersebut, harga bahan bangunan yang diterima oleh warga lebih mahal dibandingkan dengan harga pasaran. Hal tesebut akhirnya berdampak terhadap proses pembangunan rumah yang sudah dilaksanakan oleh warga.

Salah seorang warga, Mantoyo mengatakan, sebelum menerima bahan bangunan, beberapa penerima bantuan sudah melakukan survei harga. Dari beberapa toko material yang ada di wilayah Playen, TB Hilal diketahui paling murah sehingga penerima bantuan yang berjumlah 54 kepala keluarga memutuskan untuk membeli di toko tersebut. Namun saat barang dikirimkan ke masing-masing rumah penerima bantuan, harga bahan bangunan melambung tinggi dan tidak seperti sebelumnya. Hal itulah yang membuat warga curiga ada permainan harga. Kombinasi Warna Cat Rumah

Awalnya memang paling murah. Saat warga umum beli, harganya standar, namun setelah ada proyek, kok malah naik. Harganya lebih mahal dibandingkan harga standar di pasaran, katanya saat ditemui usai melakukan pertemuan dengan pemerintah desa, pemilik toko bangunan dan konsultan di Balai Desa Ngawu.

Kenaikan harga yang tidak wajar ini menurut Mantoyo terjadi dihampir semua bahan bangunan. Batako yang awalnya hanya Rp 1600 per biji naik menjadi Rp 2000 per biji, besi ukuran 8 milimeter yang awalnya Rp 24 ribu menjadi Rp 27 ribu , pasir yang awalnya Rp 650 ribu untuk satu truk menjadi Rp 700 ribu serta semen yang awalnya hanya Rp 52 ribu per sak menjadi Rp 54 ribu per sak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.